Cerdas Belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

100810019IPA Terpadu merupakan cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang menjadi salah satu penentu perkembangan teknologi. Banyak temuan di bidang IPA yang menandai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. IPA mengajarkan bagaimana manusia bisa hidup selaras dengan alam.

Belajar IPA tidak hanya berkutat dengan ilmu yang seolah-olah tanpa makna. Namun, jika kita bisa mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari maka belajar IPA akan menjadi lebih bermakna.

Berdasarkan fenomena-fenomena alam yang ada, kita dapat menemukan dan merumuskan pengetahuan yang bermanfaat agar kita bisa hidup selaras dengan alam.

Buku Cerdas Belajar IPA untuk SMP/MTs ini disusun berdasarkan Standar Isi yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 22 tahun 2006, khususnya Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Penyajian menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik dapat menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah.

Penyajian materi dalam buku ini dilengkapi beberapa bagian, yaitu sebagai berikut.

1. Tujuan. Memberikan gambaran target yang akan dicapai pengguna buku setelah mempelajari materi dalam setiap bab.

2. Advance Organizer. Berupa gambar atau foto yang dapat menarik peserta didik untuk mempelajari materi bab. Di bawah gambar disajikan uraian berupa deskripsi gambar, pertanyaan, atau ungkapan untuk menggugah minat peserta didik dalam mempelajari materi bab tersebut.

3. Peta Konsep. Memberikan gambaran secara umum tentang materi yang akan dipelajari dan keterkaitannya dalam setiap bab.

4. Kata Kunci (Key Words) Berisi kata-kata yang menjadi inti pembahasan materi dalam setiap bab.

5. Materi Pelajaran Materi pelajaran disajikan berdasarkan standar isi yang berlaku dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Buku ini terdiri dari 20 bab yang membahas tentang berbagai sistem dalam kehidupan manusia; sistem dalam kehidupan tumbuhan; konsep partikel materi; kegunaan bahan kimia dalam kehidupan; peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari; konsep dan penerapan getaran, gelombang, serta optika dalam produk teknologi sehari-hari.

6. Contoh Soal. Memberikan contoh soal dan materi yang dipelajari dengan pembahasan yang lengkap.

7. Kegiatan Ilmiah. Suatu kegiatan yang dilakukan di laboratorium sekolah atau lingkungan sekolah sebagai penunjang pemahaman materi yang dibahas.

8. Kilasan IPA. Berisi informasi tentang penemuan-penemuan, atau apa saja yang terkait dengan materi yang diulas secara singkat pada setiap babnya.

9. Tokohku. Memuat biografi singkat seorang tokoh yang sangat berjasa dan berguna dalam menemukan atau mengembangkan sesuatu bagi masyarakat.


File
Cerdas Belajar IPA untuk Kelas 8
File
Cerdas Belajar IPA untuk Kelas 8

Version
Download32
Stock
Total Files1
Create Date28 May 2016
Last Updated25 August 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *